Kabar Berita Terbaru, Berita Viral, Berita update hari ini, Berita terbaru hari ini

Jangan Sampai Virus Corona Mempengaruhi Sangat Dalam Krisis Ekonomi


Berita terbaru hari ini - Pandemik virus corona kini tak hanya menginfeksi kesehatan saja melainkan sudah menggerogoti ekonomi dunia. Bahkan dibeberapa negara, virus corona ini sudah menimbulkan krisis ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pandemi virus corona ini bahkan sudah mendapatkan perhatian dari negara-negara anggota G-20. Seluruh negara yang tergabung didalamnya mencari cara agar pandemik corona ini tidak menimbulkan dampak lebih dalam pada perekonomian.


"Yang tadi kita rekam dengan adanya G20 melakukan pertemuan extraordinary yang kita baca dan dengar di semua negara, sekarang- seluruh dunia sedang hadapi krisis di bidang kemanusiaan. Yang sedang diupayakan jangan sampai krisis kesehatan mempengaruhi sangat dalam pada krisis ekonomi, sosial dan keuangan," ujarnya dalam teleconfrence, Selasa (24/3/2020) malam.

Sementara bagi Indonesia lanjut Sri Mulyani, dampak virus corona ini sudah mulai terasa bagi perekonomian dalam negeri. Salah satu contohnya adalah terus melemahnya nilai tukar rupiah hingga saat ini sudah mendekati angka Rp17.000 per USD.

Diakui Sri Mulyani, kejadina ini memang masih relatif lebih stabil ketika krisis keuangan pada 2008 lalu. Namun menurutnya, jika tak ditangani secara cepat, dampak ekonomi dari virus corona ini bisa lebih parah dibandingkan dengan krisis ekonomi di 2008.



"Ekonomi kontraksi tapi tidak berarti krisis. Ini yang sedang dilakukan. Agar krisis ini tidak timbulkan spill over ke krisis ekonomi sosial dan terutama di sektor keuangan seperit yang terjadi di 2008 2009 di mana bank-bank dan lembaga keuangan bangkrut," jelasnya.

Dia pun menambahkan saat ini pemerintah tengah mengupayakan seluruh negara G20 agar bisa mencegah krisis ekonomi akibat pandemik virus ini. Salah satunya bekerjasama dan membantu setiap negara dalam melawan virus Covid-19 khususnya di bidang kesehatan.

"Ini kita lihat agar krisis ini bisa tercontain atau dicegah pada level masalah kesehatan. Dan sedikit pada masalah ekonominya tapi tidak berkelanjutan," jelasnya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Tekan Tombol Follow untuk mendapatkan Update terbaru

Artikel Terpilih

Powered by Blogger.

Blog Archive