Kabar Berita Terbaru, Tutorial, Aplikasi Pada Ponsel, Software, BISNIS TERBARU TANPA MODAL

Waspada "Hujan Lebat" dan "Angin Kencang" Selama 3 Hari Kedepan


Untuk tiga hari kedepan, antara 12-14 Februari 2020 beberapa wilayah di Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Kepala Subbagian Hubungan Pers dan Media Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) , Dwi Rini Endra Sari alias Ririn mengatakan, untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat 12 Februari 2020 Banten, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara.

Kondisi ini masih berlangsung untuk 13 Februari 2020 di Sumatera Utara, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara.

Pada 14 Februari 2020 hujan lebat bakal terjadi di wilayah Sumatera Utara, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, demikian dilansir dari VIVAnews.
Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada 12 Februari 2020, di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, NTB, NTT, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Maluku, Papua hingga13 Februari 2020.

Untuk wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada 14 Februari 2020.

Potensi hujan yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia karena adanya masa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di sebagian Maluku dan Papua Barat.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Pesisir Barat Aceh hingga Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Terdapat sirkulasi siklonik Samudra Hindia Barat Daya Sumatera. Konvergensi memanjang di Samudra Hindia Selatan Jawa. Daerah belokan angin terdapat di Laut Jawa, Kalimantan Tengah dan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku Tengah dan Papua.

Low Level Jet dengan kecepatan angin mencapai >25 knot terpantau di Laut Cina Selatan, Laut Andaman, Philipina dan Samudra Pasifik Timur Philipina.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Tekan Tombol Follow untuk mendapatkan Update terbaru

Artikel Terpilih

Powered by Blogger.

Blog Archive