Kabar Berita Terbaru, Berita Viral, Berita update hari ini, Berita terbaru hari ini

Pengertian Satuan Tekanan dan Pembahasan

Satuan tekanan adalah pascal (Pa) dalam sistim SI (standar internasional), yang didefinisikan sebagai gaya satu newton per meter persegi.

\boxed{~1~Pa = 1~N/m^2~}


Pembahasan
Tekanan mulai dibahas ketika kita bertemu dengan Hukum Pascal.

\boxed{~p = \frac{F}{A}~}

Keterangan

F = gaya tekan (Newton)

A = luas bidang tekan (m²)

Berdasarkan rumus tersebut satuan tekanan adalah N/m² dan dinyatakan dalam SI (standar internasional) sebagai pascal (Pa).

Selain tekanan dalam Hukum Pascal, bentuk tekanan lainnya adalah tekanan hidrostatis dalam suatu cairan.

\boxed{~p = \rho g h}~

Keterangan

ρ = massa jenis cairan (kg/m³)

g = percepatan gravitasi (m/s²)

h = kedalaman (meter)

Pada persamaan umum gas ideal terdapat rumus\boxed{~pV = nRT~}

dengan p sebagai tekanan gas (Pa), V adalah volum (m³), dan T sebagai suhu mutlak (Kelvin).

Satu lagi, ketika kita ingin menghitung usaha yang dilakukan gas dalam pembahasan termodinamika digunakan rumus \boxed{~W = p \Delta V~}


dengan W sebagai usaha (joule) dan ΔV sebagai perubahan volum (m³).

Selain satuan tekanan dalam SI yaitu pascal, dalam kehidupan sehari-hari dikenal satuan tekanan lainnya, yaitu:

- atm (atmosfir);
- cmHg dan mmHg (panjang kolom air raksa pada barometer);
- torr (torricelli);
- bar;
- psi.

Hubungan antara atm, Pa, torr, dan mmHg adalah sebagai berikut:

\boxed{~1~atm = 101.325~Pa~}\\\boxed{~1~atm = 76~cmHg = 760~mmHg = 760~torr~}

Umumnya kita sering melihat konversi dari atm menjadi Pa sebagai 1 atm = 1,01 x 10⁵ Pa.


Lambang Tekanan yaitu (simbol: p atau P) adalah satuan fisika untuk menyatakan gaya (F) per satuan luas (A). Satuan tekanan sering digunakan untuk mengukur kekuatan dari suatu cairan atau gas.


Definisi tekanan dan satuan dalam SI
Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja pada setiap satuan luas permukaan bidang tekan. satuan tekanan adalah N/m².

Atmosfer standar (simbol: atm) adalah satuan tekanan yang didefinisikan sebagai 101325 Pa (1,01325 bar). Satuan ini kadang-kadang digunakan sebagai tekanan acuan atau standar.

Satuan mmHg (millimeter raksa) adalah salah satuan tekanan resmi yang digunakan dalam bidang fisika dan kimia. Angka tekanan darah dinyatakan dengan dua besaran tekanan darah yaitu tekanan sistolik dan tekanan diastolik dan ditulis sebagai [tekanan sistolik]/[tekanan diastolik].

Tekanan Hidrostatik adalah tekanan yang diakibatkan oleh gaya yang ada pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan pada kedalaman tertentu. Besarnya tekanan ini bergantung kepada ketinggian zat cair, massa jenis dan percepatan gravitasi. Tekanan Hidrostatika hanya berlaku pada zat cair yang tidak bergerak.

Tekanan udara adalah tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu. Diukur dengan menggunakan barometer. Satuan tekanan udara adalah milibar (mb). Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang sama tekanan udaranya disebut sebagai isobar.

Fluida adalah suatu zat yang bisa mengalami perubahan-perubahan bentuknya secara continue/terus-menerus bila terkena tekanan/gaya geser walaupun relatif kecil atatu bisa juga dikatakan suatu zat yang mengalir, kata fluida mencakup zat cair, gas, air, dan udara karena zat-zat ini dapat mengalir.

Volume atau bisa juga disebut kapasitas adalah penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek. Objek itu bisa berupa benda yang beraturan ataupun benda yang tidak beraturan. Benda yang beraturan misalnya kubus, balok, silinder, limas, kerucut, dan bola.

Newton adalah satuan SI turunan yang dilambangklan dengan N, yang merupakan satuan dari gaya, yang memberikan nama Newton adalah penemunya yaitu Sir Isaac Newton. Satu Newton adalah besarnya gaya yang diperlukan untuk membuat benda bermassa satu kilogram mengalami percepatan sebesar satu meter per detik per detik.

Tekanan udara patokan (sering juga disebut) tekanan udara normal) adalah tekanan kolom udara setinggi lapisan atmosfer bumi pada garis lintang 450 dan suhu 00C. Besarnya tekanan udara tersebut dinyatakan sebagai 1 atm. Tekanan sebesar 1 atm ini setara dengan tekanan yang diberikan oleh kolom air raksa setinggi 760 mm.

Sigma (huruf besar: Σ, huruf kecil: σ, huruf kecil pada akhir perkataan: ς) adalah huruf ke-18 dalam susunan alfabet Yunani. Dalam sistem angka Yunani, huruf ini mempunyai nilai 200. Dalam bidang keilmuan, simbol huruf besar sigma, Σ digunakan sebagai lambang: operator penjumlahan.

Dyne didefinisikan sebagai "gaya yang dibutuhkan untuk mempercepat massa sebesar satu gram dengan percepatan 1 sentimeter per sekon kuadrat". Satu dyne sama dengan 10−5 N atau 10 nsn (nanosthene) pada sistem satuan meter-ton-sekon yang lebih kuno.

cmHg adalah satuan tekanan. Hg merupakan kependekan dari kata Hydragyrum yaitu air raksa. Tekanan 1 cmHg memiliki makna bahwa tekanannya setara dengan tekanan hidrostatis yang diakibatkan oleh kolom raksa setinggi 1 cm.

Kata Kunci : satuan tekanan adalah, pascal, N/m², cmHg, mmHg, bar, psi, torr, hukum, hidrostatis, gaya, luas bidang tekan, gravitasi, kedalaman, ketinggian, usaha, volum, suhu, brainly
Share:

No comments:

Post a Comment

Tekan Tombol Follow untuk mendapatkan Update terbaru

Artikel Terpilih

Powered by Blogger.

Blog Archive